Jasa Fumigasi

By | April 18, 2017

Jasa fumigasisebelum lebih lanjut membahas tentang fumigasi. Di bawah ini ada beberapa definisi singkat tentang fumigasi itu sendiri. Fumigasi merupakan suatu tindakan atau perlakukan pengasapan terhadap suatu komoditi dengan menggunakan fumigant tertentu, di dalam ruang kedap udara, pada suhu dan tekananan tertentu dengan konsentrasi atau dosis dan waktu yang sudah ditentukan dan dapat membunuh semua stadia hama. Salah satu obat fumigasi yang kerap digunakan adalah fumigant. Fumigat adalah suatu jenis pestisida atau obat pembasmi hama yang dalam suhu dan tekanan tertentu dapat berbentuk gas. Dan dalam konsentrasi serta waktu tertentu dapat membunuh hama. Contoh dari fumigant yang sering digunakan adalah jenis Methyl Bromida (CH3Br) dan pospin.

Tak heran jika di sektor komoditi jasa fumigasi kerap kali digunakan. Ada pun keuntunga dari menggunakan jasa fumigasi sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Menjangkau hama hingga ketingkat yang paling sulit
  2. Efektif mengendalikan seluruh Stadia hama (telor,Larva,pupa dan imago)
  3. Tidak meninggalkan residu sehingga tidak berbahaya bagi konsumen akhir
  4. Tidak merusak atau merubah komoditi (baik fisik atau Komposisi).

Menggunakan jasa fumigasi sesuai dengan keperluannya masing-masing. Berdasarkan keperluannya, fumigasi dibedakan menjadi beberapa jenis di antaranya:

  1. Fumigasi perawatan, dilakukan untuk mengendalikan hama bagi komoditas dalam penyimpanan atau storage, properti rumah, atau gedung dan sebagainya.
  2. Fumigasi tindakan karantina, dilakukan untuk Pengendalian hama bagi komoditas sebagai suatu syarat karantina. Pada Umumnya di lakukan untuk
    kepentingan export.

Ada pun tahap-tahap dari fumigasi yang dilakukan oleh jasa fumigasi adalah sebagai berikut:

  1. Survey

Dilakukan untuk memeriksa tipe dan volume komoditi. mengukur dosis dan waktu pelaksanaan. Melihat lokasi fumigasi, aman dari gangguan, cukup pencahayaan ventilasi baik, lantai datar dan solid.

  1. persiapan

persiapan di sini meliputi dari keamanan dan keselamatan. Informasi kepada pihak terkait. Posisi dari komoditi: rapi dan bersih. Penempatan dan penyebaran pipa gas dan selang monitoring. Kemudian pemeriksaan sebelum pelepasan gas : aman dari gangguan apapun dan penyungkupan sudah selesai atau baik.

  1. Pelaksanaan

Dalam proses pelaksanaan ini dilakukan dengan pelepasa gas atau fumigan. Kemudian dilakukan pemeriksaan kebocoran gas. Monitoring di awal, tengah, dan akhir. Kemudian proses aerasi atau pembebasan fumigant sehinga status gasnya aman untuk manusia.

  1. Pasca fumigasi

Pasca fumigasi dilakukan dengan Pengumpulan Data (Rekaman pelaksanaan dan data pendukung). Kemudian penerbitan certificate Fumigasi dan melakukan Distribusi ke konsumen dan administrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *